• +0621
  • Minggu, 05 April 2020

Selayang Pandang Kecamatan Bajenis



Kecamatan Bajenis merupakan salah satu dari dua kecamatan yang baru terbentuk pada tahun 2006 di Kota Tebing Tinggi. Adapun kecamatan baru yang terbentuk pada tahun 2006 tersebut adalah Kecamatan Bajenis dan Kecamatan Tebing Tinggi Kota. Terbentuknya Kecamatan Bajenis merupakan salah satu solusi yang diambil Pemerintah Kota Tebing Tinggi untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat akibat semakin meningkat dan beragamnya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan pemerintahan.

Kecamatan Bajenis terbentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Tebing Tinggi Nomor 15 Tahun 2006 tanggal 9 Nopember 2006 Tentang Pembentukan Kecamatan dan Kelurahan di Kota Tebing Tinggi. Selanjutnya dijelaskan bahwa sebagian besar wilayah Kecamatan Bajenis merupakan bagian wilayah Kecamatan Rambutan dan  lainnya merupakan bagian wilayah Kecamatan Padang Hulu.

Kecamatan Bajenis  terdiri dari 7 Kelurahan yaitu :  Kelurahan Teluk Karang, kelurahan Bulian, Kelurahan Pinang Mancung, Kelurahan Berohol, Kelurahan Bandar Sakti, Kelurahan Durian, dan Kelurahan Pelita. Selanjutnya dijelaskan bahwa Ibu Kota Kecamatan Bajenis saat ini berada di Kelurahan Teluk Karang.